Sponsor

Kiriman ini tersedia juga dalam bahasa: enEnglish

PATTIRO telah menggunakan teknologi informasi sebagai salah satu pilar pendukung aktivitas sejak awal berdiri. Diawali dengan penggunaan sebuah komputer desktop dengan modem dialup 56kbps yang digunakan secara bergantian pada tahun 2001, dilanjutkan dengan bertambahnya komputer desktop dan sebuah laptop ditahun 2003.

Tahun 2003 juga menjadi momentum penting PATTIRO, karena ditahun tersebut PATTIRO resmi memiliki website di alamat URL http://pattiro.org dan millis di yahoogroups. Kala itu adalah saat dimana generasi web 1.0 mulai terbentuk dan populer. Dan kini, ketika generasi web memulai transisi dari web 2.0 ke web 3.0, PATTIRO telah di sponsori oleh beberapa perusahaan Teknologi Informasi kelas dunia untuk menunjang aktivitas para pegiat dan lembaga.

Kepada mereka kami mengucapkan rasa terima kasih yang besar dan berkat mereka kami bisa mereduksi biaya-biaya lisensi kepemilikan perangkat lunak, sehingga kami bisa lebih berkonsentrasi penuh kepada kerja-kerja yang kami lakukan. Mereka adalah :

Google for nonprofits

Google for Non Profit adalah program khusus yang disediakan oleh Google Inc, untuk mengakomodasi lembaga non profit yang resmi terdaftar di suatu negara. Program ini mengizinkan penggunaan aplikasi Google tanpa biaya atau mendapatkan biaya khusus namun tetap mendapatkan dukungan penuh secara resmi dari Google Inc. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs resmi Google For Non Profit.

PATTIRO juga menggunakan G-Suite sejak tahun 2009 yang ketika itu bernama Google Apps for Works, untuk menggantikan sistem manajemen surat elektronik dan aplikasi kolaboratif. Butuh waktu satu tahun penuh untuk PATTIRO memaksimalkan  penggunaan G-Suite. Keberadaan aplikasi Google yang masih dibawah bayang-bayang penyedia jasa surat elektronik dengan logo Y! membuat para pegiat asing terhadapat  layaanan ini dan sedikit tertegun untuk memindahkan kotak suratnya ke surat elektronik Google.

Hingga saat ini aplikasi Google yang digunakan oleh PATTIRO adalah :

G Suite for Nonprofits YouTube Nonprofit Program   Google Ad Grants

Microsoft Philanthropies

Microsoft Philanthropies adalah program donasi hibah Microsoft untuk organisasi-organisasi non profit atau pergerakan masyarakat sipil yang ingin mengkampanyekan isu-isu kemanusiaan. Untuk mendapatkan hibah ini, maka organisasi tersebut harus terdaftar secara resmi di suatu negara. Dengan terdaftar secara resmi maka mereka dapat menggunakan produk-produk Microsoft tanpa dikenai biaya atau mendapatkan keringanan biaya yang sangat signifikan dan didukung oleh tim-tim teknis terbaik kelas dunia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs resmi Microsoft Philanthropies.

Dan PATTIRO sendiri telah mendapatkan hibah lisensi produk dari Microsoft sejak tahun 2014, melalui kerjasama dengan Techsoup.asia. Semenjak itu, berlahan-lahan PATTIRO memperbaharui sistem lisensi perangkat lunak yang digunakan oleh PATTIRO.

Hingga saat ini aplikasi Microsoft yang digunakan oleh PATTIRO adalah :

Microsoft Office365 for non profits  Microsoft Azure

 

The WordPress Multilingual Plugin

Kami juga berterima kasih kepada WordPress, dengan sifat terbuka dan dukungan komunitas yang luar biasa, aplikasi ini selalu dapat dihandalkan dalam kerja-kerja kami di PATTIRO. Untuk menangani konten yang bersifat multi bahasa kami menggunakan The WordPress Multilingual Plugin yang dapat menangani hampir semua bahasa yang terdapat di dunia ini dan mengizinkan para pengelola untuk dapat menambahkan bahasa yang belum tersedia.

WPML sendiri diciptakan oleh para talenta terbaik yang berada di OnTheGoSystems. Mereka telah mengembangkannya sejak tahun 2007. Tim WMPL terdiri dari 40 orang yang menyediakan dukungan enam hari kerja selama seminggu dan dalam sembilan bahasa.